Penelitian Kab.Bandung Barat untuk memenuhi tugas “Geografi Pariwisata”

Sarana rekreasi yang ada di Kabupaten Bandung Barat adalah berupa panorama alam, bangunan bersejarah dan situ, yang tersebar hampir terdapat diseluruh kecamatan, beberapa kawasan yang dapat dijadikan sebagai kawasan pariwisata di Kabupaten Bandung Barat diantaranya di Kecamatan Lembang terdapat Gunung Tangkuban Perahu, Wisata Ilmiah Observatorium Bosscha, di Cisaruaterdapat Wisata Curug Cimahi, dan Curug Panganten di Kecamatan Parongpong terdapat taman bunga Cihideung, di Kecamatan Sindangkerta terdapatGunung Padang, di Kecamatan PadalarangSitu Ciburuy, di Kecamatan Cipatat terdapat Gua Pawon, di Kecamatan Cikalong WetanBumi Perkemahan Sela Gombong, di Kecamatan CipeundeuyWaduk Cirata, di Kecamatan CililinBumi Perkemahan Curug Sawer, di Kecamatan Gunung halu dan Cipongkor berupa Curug Malela dan Makam Tiga Waliullah.

Potensi Wisata Alam Kabupaten

Bandung Barat

1. SITU CIBURUY
Situ Ciburuy merupakan sebuah danau alami yang lumayan cukup terkenal dikalangan para wisatawan nusantara. Saking terkenalnya, situ ini bahkan sudah diangkat sebagai tema lagu tradisional sunda berjudul sama. Letaknya yang tak jauh dari sebuah kota di Bandung Barat, Padalarang, membuat situ ini banyak digemari oleh para pecandu wisata danau. Situ Ciburuy memiliki luas sampai 25 hektar dengan pulau yang begitu rindang di tengah-tengahnya. Pemandangan alamnya begitu menakjubkan. Untuk mencapai ke tengah danau tersebut maka pengunjung bisa menyewa perahu yang beraneka warna dengan biaya Rp 15.000. Situ Ciburuy kini sudah ditata lebih rapi, antara lain dengan memperbaiki jalan masuk ke tepi danau, dan melengkapi dengan kedai-kedai makanan dan minuman, buah-buahan, cenderamata, pentas kesenian, rumah makan dan fasilitas untuk berperahu.

2. Wisata Alam Maribaya

Maribaya dengan keindahan alamnya dan udaranya yang bersih da sejuk memiliki area wisata dengan luas 5,5 Ha terletak di kecamatan Lembang dan berjarak sekitar 5 Km dari Kota Lembang, merupakan tempat rekreasi yang mempunyai potensi sumber air panas mengandung belerang dan mineral.

Berdasarkan pengalaman para pengunjung yang datang secara berendam di kolam air panas Maribaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti pegal-pegal, rematik, ganguan saraf ringan, keluhan kekakuan tulang belakang, serta berbagai macam penyakit kulit.

3. CURUG MALELA
Curug Malela memiliki ketinggian sekitar    60-70 m dan lebar 50 m dengan hulu sungai berasal dari lereng utara Gunung Kendeng yang nantinya mengalir membentuk jaringan sungai Cidadap dan bermuara ke Cisokan. Airnya sangat deras dan bila sedang beruntung kita dapat menyaksikan ratusan ekor monyet ekor panjang (macaca pasciscularis) sedang minum air di bawah Curug Malela.  Curug Malela merupakan air terjun paling atas dari rangkaian tujuh air terjun sepanjang 1 km. Urutannya adalah Curug Malela, Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir dan ditutup dengan Curug Pameungpeuk. Semua terletak di desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

4. Situ lembang

Situ lembang merupakan danau buatan dengan potensi kawasan yang sangat menakjubkan, terdiri dari hutan tanaman pinus dan sumber air yang ada berupa sungai serta kawasan menuju hutan cukup menarik dengan pemandangan alam berupa hutan tanaman pinus dan hutan pegunungan, dengan iklim dataran tinggi.

Situ Lembang terletak pada ketinggian 1.567 m dpl, konfigurasi lapangan umumnya landai. Kawasan ini mempunyai curah hujan 2.500 mm/ tahun dengan suhu udara 15-25 oC, terletak di kawasan Bandung Utara, tepatnya di lembah besar antara Gunung Burangrang dan tangkuban Perahu.

5. Tangkuban Perahu

Taman wisata alam Tangkuban perahu banyak dikunjungi wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara karena keindahan panorama alamnya yang mempesona dengan alamnya. Gunung tangkuban perahu mempunyai tinggi 2.076 m yang apabila kita melihat dari jarak jauh berbentuk seperti perahu terbalik.

Potensi Wisata Buatan Kabupaten

Bandung Barat

6. TAMAN BUNGA CIHIDEUNG
Cihidueng, desa yang terletak di kecamatan Parongpong ini, yang dulunya hanya merupakan tempat bercocok tanam ala kadarnya saja, kini telah berkembang menjadi “Kawasan Wisata Bunga”. Kawasan ini memang tepat disebut sebagai kawasan wisata bunga, karena di sepanjang desa ini terlihat berbagai tanaman bunga yang dikembangbiakkan. Di desa Cihideung ini lebih dari 80% warga desa Cihideung menjadi petani bunga, dimana terdiri dari 30% petani bunga potong, dan 50% petani bunga hias.
Desa wisata bunga Cihideung yang merupakan tempat wisata persinggahan ini terletak sekitar 20 km dari kota Bandung, bisa ditempuh dengan menggunakan angkutan umum ataupun dengan kendaraan pribadi. Bila kita menempuh jalan melalui jalan Cihanjuang, kita juga bisa menikmati indahnya perkebunan disepanjang jalan menuju desa Cihideung. Kesegaran dan kesejukan tersaji di sepanjang perjalanan menuju lokasi.

Yang menjadi kekurangan daerah ini adalah tidak adanya fasilitas wisata yang disediakan, semisal tempat parkir yang luas. Untuk bisa berkeliling di area kebun bunga ini kita hanya bisa memarkirkan kendaraan kita di pinggir–pinggir jalan di sepanjang desa Cihideung.

Tapi hal itu tidak menjadi hambatan bagi setiap pengunjung untuk datang untuk sekedar melihat–lihat ataupun membeli bunga untuk memperindah taman di rumah mereka.

7. KAMPUNG GAJAH

Kampung Gajah Wonderland yang berlokasi di sebelah utara kota Bandung adalah sebuah kawasan wisata terpadu yang sangat cocok untuk anak-anak dan orang dewasa. Sesuai dengan temanya yaitu “Wisata, Belanja, dan Kuliner“, di Kampung Gajah Bandung tersedia berbagai jenis wahana permainan yang menyenangkan, beberapa tempat belanja berupa factory outlet, hingga 4 jenis restoran yang menggoda para pecinta wisata kuliner. Walaupun bernama Kampung Gajah, kawasan ini tidak mempunyai gajah.sama sekali.

8. CIWANGUN INDAH CAMP (CIC)
CIWANGUN Indah Camp(CIC) merupakan sebuah area wisata alam yang lengkap. CIC menjanjikan sebuah wisata alam yang cukup menarik. Disini tersedia berbagai macam arena permainan outbound yang cukup menarik bagi anak-anak, orang dewasa, maupun bagi keluarga yang ingin berlibur sambil menikmati suasana alam dan kesejukan udara pegunungan.Di CIC terdapat dua jalur flying fox berjarak 70 meter dan 250 meter. Juga tersedia two line bridge, elvis bridge, V-bridge, spider web, rock dan wall climbing, soft dan hardtrekking / hikking, serta fasilitator untuk fun games maupun teambuilding games.
CIC juga menyediakan area camping berkapasitas 400 orang, arena bermain anak-anak, wisata berkuda, mini ATV serta area paintball yang berada di area hutan pinus yang menyejukkan. Fasilitas yang lain adalah Saung Pertemuan, Saung Istirahat(Penginapan), Gazebo, Aula, Camping Ground, Café Strawberry, CIC Entertainment, lapangan parkir yang luas, Villa, dan masih banyak lagi.Untuk akomodasi, CIC juga menyediakan saung khas Sunda sebagai tempat penginapan dengan kapasitas 4-6 orang, saung pertemuan, serta saung makan.

9. GRAFIKA CIKOLE
Pondok Wisata ini adalah salah satu pengina   pan di Lembang Bandung yang ada di Terminal Wisata Grafika Cikole . Penginapan Pondok Wisata ini berada di atas bukit, di hamparan rumput yang terletak disela pepohonan pinus dengan udara sejuk dan terdapat di kaki gunung Tangkuban Perahu. Pondok Wisata di Lembang ini menawarkan atmosfer rumah pedesaan dengan interior dan eksterior yang terbuat dari kayu. Pondok Wisata dibangun dengan konsep selaras dengan alam sekitarnya. Dengan harga Rp.800.000,-/malam (Belum Termasuk Pajak 15% dan Service Charge) sudah termasuk sarapan pagi. Kapasitas 6 orang untuk tiap pondok.
Kamar mandi cukup bersih dengan kloset duduk dan pancuran air panas sehingga tamu akan merasa nyaman untuk menginap di dalam pondok wisata.

10. Dusun Bambu

Dusun Bambu Lembang sendiri,meskipun baru,namun kawasan wisata terpadu ini telah dilengkapi dengan banyak fasilitas dan bisa dibilang sebagai tempat wisata di Bandung yang terlengkap.Selain sebagai Tempat Wisata Alam di Lembang bandung yang memang dikenal masih kental memiliki keindahan natural alamnya,Dusun Bambu Lembang pun bisa dibilang sebagai tempat wisata keluarga,kuliner dan belanja di Bandung.  Tempat Wisata di Bandung Dusun Bambu Lembang adalah berlokasi tepat di Jln.Kertawangi.

Dusun Bambu Lembang Bandung sendiri dapat dijangkau lewat terusan jalan Kolonel Masturi KM 11,dengan patokan rute bagi para wisatan yang hendak ke sini sebagai berikut;

– Tol Pasteur,ambil jurusan ke arah Ledeng,terus menuju Lembang dan masuk ke Jl.Kolonel Masturi.

– Tol Pasteur,ambil jurusan ke arah Ledeng,ambil Jalan Sersan Sodik dan masuk ke Jl.Kolonel Masturi

– Tol Padalarang, ambil jalur ke arah Cimahi,terus ambil jalan ke Kolonel Masturi

Burangrang cafe

Saung purbasari restaurant

Pasar tradisional

11. CIKOLE JAYAGIRI & TREE TOP

Lokasi yang berada pada ketinggian 1500 mdpl di kawasan gunung Tangkuban Perahu. Cikole Resort, merupakan tempat yang nyaman dengan suasana pegunungan yang dikelilingi dengan dinginnya hutan pinus yang dapat menjadikan nilai positif dalam suasana kebersamaan yang erat. Lokasi yang sangat strategis yang berada pada kawasan Cikole Lembang – Bandung ini menjadi kawasan daya tarik sendiri karena berada pada kawasan wisata dan berada pada jalur antar kota Bandung – Subang sehingga dapat dijangkau dengan mudah.

12. DE’RANCH
De’Ranch ini merupakan sebuah objek wisata baru, terutama salah satu arenanya yaitu menunggang kuda. Wisata menunggang kuda ala koboi (cowboy) merupakan hiburan yang utama dari obyek wisata ini. Kuda yang ada merupakan kuda impor dan kuda lokal. Kuda lokal ditujukan bagi pemula atau anak-anak. Selain berwisata menunggang kuda, ditempat itu juga ada sapi-sapi yang ditempatkan pada kandang yang luas. Sapi juga merupakan hiburan tontonan yang menarik khususnya anak-anak. Demikian juga dengan tipe olahraga ekstrem yakni flying fox, rock climbing yang sedang digemari oleh banyak orang juga dapat Anda nikmati ditempat ini.
Selain itu, objek wisata De’Ranch juga menawarkan nilai lebih dari sekadar tempat wisata dengan pemandangan alam indahnya.

13. Alun-alun lembang

Terletak di Jl. Raya Lembang, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat 40391. alun-alun lembang Sebagai salah satu alternatif tempat wisata keluarga yang ada di bandung barat yang dekat dengan pusat tempat wisata belanja murah pasar lembang.

SALAH SATU KULINER TERKENAL

14. Tahu Susu Lembang

Khusus Tahu Susu Lembang memang unik dan bagi siapa pun yang menikmatinya akan merasakan sensasi rasa kuliner yang berbeda dari jenis tahu lainnya.Masih berbahan dasar kedelai,akan tetapi karena kawasan lembang juga sebagai tempat peternakan sapi perah,maka racikan bahan tahunya dicampur dengan susu sapi segar,yang otomatis rasa tahunya akan lebih gurih,nikmat dan sehat karena bebas dari juga dari bahan pengawet tentunya.

Tahu susu Lembang memang sudah menjadi menu khas kuliner di Bandung,karena selain rasa gurih serta lezatnya,makanan ini nyatanya banyak diminati wisatawan domestik maupun mancanegara yang sedang di Bandung , pelancong luar daerah seperti jakarta atau turis asing yang berada di Lembang,pasti tidak akan melewatkan jajanan makanan ini.

Salah satu keunikan lainnya dari Tahu susu Lembang adalah,selain bahan dasar pembuatannya yang ditambahkan susu sapi segar,bentuk kios atau kedainya pun sangat unik dan aneh,karena apabila dilihat sepintas akan mirip SPBU atau POM bensin,tempat biasa apabila kita akan mengisi bensin kendaran bermotor kita.

Tempat Ibadah

Masjid Besar Lembang

EMPAT menara berdiri tegak di setiap sudut bangunan masjid. Satu menara lagi berdiri di sudut kanan halaman masjid. Kelima menara dengan bentuk serupa ini menambah kesan anggun dan cantiknya Masjid Besar Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Didominasi cat warna hijau muda, masjid yang terletak di depan Alun-alun Lembang atau tepatnya di Kampung Kaum, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, ini selama puluhan tahun menjadi tempat peribadatan warga sekitar.

Tidak diketahui pasti kapan masjid ini berdiri. Tidak ada literatur dan saksi mata yang bisa menjelaskan sejarah pendirian masjid tersebut. Namun satu hal yang pasti, masjid ini pernah menjadi tempat pengungsian warga korban dari gerombolan DI/TII (Darul Islam/Tentara Islam Indonesia).

luas lahan Masjid Besar Lembang mencapai 4.000 meter persegi. Adapun luas bangunannya mencapai 2.000 meter persegi. Saat ini bangunan masih satu lantai. Rencananya dipersiapkan untuk dua lantai.

PERMASALAHAN

Kurangnya papan interpretasi sangat membingunkan pengunjung yang datang ke daerah kabupaten bandung barat, khusunya daerah lembang. Apalagi wisatawan dari luar yang baru pertama kali mengunjungi daerah kabupaten bandung barat.

Pemerintah daerah kabupaten bandung barat, harus lebih peka terhadap keadaan sekitar daerah kabupaten bandung barat. Misalnya , mengenai papan petunujuk arah di beberapa titik jalan. Hal ini sangat penting bagi pengunjung-pengunjung baru, yang pertama kali berkunjung ke bandung barat, yang sama sekali belum mengenal  letak / posisi daerah kabupaten bandung barat.

Selain itu pembangunan fasilitas pom bensin disertai dengan rest area yang didalamnya terdapat restaurant/warung-warung kecil,toko souvenir, toilet, lahan parkir yang luas untuk kendaraan-kendaraan, hal ini dapat meningkatkan pendapatan wilayah kabupaten bandung barat
PROGRAM STUDI : STUDI DESTINASI PARIWISATA

Maria Yulviana.D.Bela

Tinggalkan komentar